Translate

Best Hidden Beach in Bali

BEST HIDDEN BEACH in BALI
 
Kalau kita ditanya pantai di Bali orang pasti akan jawab kuta, seminyak, legian, nusa dua. Tapi sesungguhnya di Bali itu banyak sekali pantai. Dan ada beberapa pantai yang masih alami alias jauh dari industry pariwisata yang komersial dan lebih berasa privasinya.
 
Di Bali yang industry wisatanya begitu agresif ternyata masih menyisakan beberapa spot hidden beach( setidaknya sampai saya tulis ini , dan semoga selamanya tidak masuk pengembang komersil disana , demi keseimbangan ekositem bali ). Berikut kisah dan penjelasan jika kalian mau mengunjungi hidden beach di bali. Kebetulan semuanya berlokasi di selatan bali, daeran Uluwatu
 
 
Green Bowl terletak di pesisir selatan, letak petanya silahkan di klik ( disini ). Untuk mengunjunginya anda dapat gunakan mobil atau motor lalu di parkir diatas tebing, dekat Pura. Untuk masuk lokasi anda akan dikenakan retribusi untuk adat setempat. Begitu selesai parkir mobil, ada baiknya anda membeli beberapa minuman ( percaya dech kalian akan butuh banget ), dan buang air kecil sebelum menyusuri jalan setapak.
 
Untuk mencapai bibir pantai, kita harus menuruni anak tangga,, jumlahnya sy tdk ingat yang jelas cukup banyak ,, tapi tidak sulit untuk dilewati karena berbentuk batuan, hanya dibeberapa tempat batuan sudah bergeser atau rusak. Disepanjang jalan kita dapat menikmati alam dan udara yang segar, jika beruntung bisa bertemu monyet dan binatang hutan. Dalam perjalanan ada beberapa spot yang mengizinkan kita melihat laut yang berada dibawah kita,,, wah indah benar.
 
Setelah lebih 30 menit, akhirnya sampai juga dibibir pantai, waktu itu air sedang pasang. rata rata pengunjungan adalah orang bule, jarang asia yang kesana. Jadi waktu itu saya satu satunya asia yang bermain air disana.
 
Bibir pantainya tidak terlalu panjang, mungkin sekitar 500 Meter. sebagian berkarang dengan ombak besar, tapi pasirnya putih bersih dan warna lautnya benar benar membiru. Dan ciri dari green bowl adalah memiliki gua.
 
Aktifitas           : berjemur, bermain ombak, Surfing, Foto Landscape.
Anak anak       : Ombak berbahaya buat anak berenang.( terutama jika pasang )
Honey Moon   : Cocok !!!
Landmark        : Gua Batu
Fasilitas           : Tidak ada fasilitas umum dibibir pantai,
                           Ada ibu ibu penjual makanan/minuman, pijit dan souvenir 


 
2. NUNGGALAN BEACH       

Penanda jalan
Kalau anda mau merasakan pantai yang benar-benar masih super alami adalah Pantai Nunggalan. Tidak ada aktifitas industry pariwisata  komersial disini. Tidak ada biaya masuk, kecuali parkir kendaraan, itupun cuma sekedarnya.  Berjarak lebih kurang 30-45 menit dari nusa dua ke arah barat, Nunggalan masih sedikit sulit ditemukan. Hanya ada Papan Kecil yang menunjukan lokasi. Dari jalan besar masih perlu 15 menitan sampai kelokasi parkiran.




Lokasi Parkir
Akses menuju pantai, dari sampai Villa
Sehubung masih sangat alami, semuanya serba alami tidak ada fasilitas untuk turis sama sekali, jalannya pun masih setapak, dan berbentuk baru karang yang tidak teratur. Medannya relative berat buat orang kota yang tidak terbiasa berolah raga atau mendaki gunung. Perjuangan untuk mencapai lokasi sangat menantang tetapi di imbangi dengan pemandangan yang indah di beberapa spot. Penduduk local membangun warung dibeberapa spot terbaik untuk sekedar mengatur nafas dan membeli minuman.




Perjalanan dari atas tebing menuju bibir pantai berkisar 30 - 45 menit. Dimulai dari jalan setapak yang menurun, yang dikelilingi hutan yang masih alami, sampai akhirnya kita akan menemukan padang rumput dimana sapi digembalakan.  Sapinya besar besar dan namanya juga ladang penggembalaan perlu hati hati ranjau kotoran sapi.

Setelah sampai di bibir pantai, kita akan merasakan suasana yang luar biasa, keagungan pencipta tergambar jelas pada pemandangan yang tersuguh. Bibir pantai yang sangat panjang mungkin 1,5 - 2 KM, tersaji dengan latar belakang dinding karang yang menjulang, mirip suasana di jurasic park.

Pengunjung yang relative sepi dengan jarak yang cukup jauh satu dengan yang lain, membuat kita berasa di pantai yang sangat private.

Tidak ada peneduh, disana kecuali mengandalkan bayangan pohon, membuat suasana semakin romatis. Kami kira kira 4-5 jam berada disana, menikmati kesendirian dengan pemandangan laut yang sangat indah. Tantangan terbesarnya bukan saat turun tetapi saat kembali ke atas tebing perlu perjuangan besar. Untuk catatan, tidak ada pencahayaan sama sekali di lokasi ini, jadi disarankan naik sebelum matahari terbenam.

Aktifitas           : berjemur, bermain ombak, Surfing, Foto Landscape.
Anak anak       : Ombak berbahaya buat anak berenang.( terutama jika pasang )
Honey Moon   : SANGAT Cocok !!!
Land Mark      : Padang Penggembalaan, Kapal Karam
Fasilitas           : Tidak ada fasilitas umum dibibir pantai,
                           Tidak Ada ibu ibu penjual makanan/minuman, pijit dan souvenir 






 
 
3. NYANG NYANG BEACH.
 
Pantai ini sudah lebih terkelola, adanya paragliding cukup membuat fasilitas di atas tebing tertata cukup baik. Toliet, warung dan parkiran sudah dikelola dengan baik. Jalan menuju pantai juga sudah dibongkar tidak lagi lewat hutan, sudah berbentuk jalan yang cukup lebar walaupun masih berbatu.


 
 
Perjalanan dari atas tebing ke bibir pantai berasa lebih mudah dibanding 2 hidden beach yang terdahulu, kira kira 20 menit sudah sampai dibibir pantai. Nyang nyang menyajikan pemandangan yang mirip dengan nunggalan. Terdapat padang rumput tempat sapi local digembalakan.

 
 

 
Ombaknya relative besar, dan merupakan pantai yang berkarang, jika air surut karang terlihat jelas.
Pengunjung relative sepi, sedikit lebih ramai dibanding nunggalan. Terdapat gubuk gubuk dari rumbia yang dihias dengan kerang, mengingatkan saya pada khayalan masa kecil, dengan cerita robinson curso. Berhubung disana tidak ada penjual makanan dan minuman, kami membawa sendiri makan dan minuman.
 

Aktifitas           : berjemur, bermain ombak, Surfing, Foto Landscape.
Anak anak       : Ombak berbahaya buat anak berenang.( terutama jika pasang )
Honey Moon   : SANGAT Cocok !!!
Fasilitas           : Tidak ada fasilitas umum dibibir pantai,
                           Tidak Ada ibu ibu penjual makanan/minuman, pijit dan souvenir 

 4. Gunung Payung Beach.

Gunung payung beach mulai dikembangkan menjad tujuan wisata, area tersebut mulai ditata. walaupun akses ke pantai masih terbatas. Pantai gununga payung sendiri memiliki pnajang pantai yang tidak terlalu panjang. Pantai tersebut memiliki ombak yang cukup besar, deangn pasir pantai yg cenderung putih kasar. Terapat gua, diujung dari pantai yg mirip dengan green bowl.





Untuk mencapai pantai, sudah dibuka akses jalan yang cukup lebar, walaupun tidak sampai ke bibir pantai. Ditengah perjalanan masih membutuhkan anak tangga yang cukup banyak. Walaupun tidak sesulit pantai nyang nyang maupun nunggalan, tetapi cukup menguras tenaga juga.









Aktifitas           : berjemur, bermain ombak, Surfing, Foto Landscape.
Anak anak       : Ombak berbahaya buat anak berenang.( terutama jika pasang )
Honey Moon   : SANGAT Cocok !!!
Landmark        :  Dinding karang dan goa batu
Fasilitas           : Tidak ada fasilitas umum dibibir pantai,
                           Tidak Ada ibu ibu penjual makanan/minuman, pijit dan souvenir 

5. Virgin Beach.

Walaupun bias dikatakan tidak lagi sebagai hidden beach.. tapi pantai ini masih tergolong sepi dengan pemandangan yang indah. Dengan akses dan fasilitas yg mulai ditata dengan baik, pantai ini bias jadi awal perjalanan menuju hidden beach selanjutnya. Pantai ini memiliki Akses yang relative mudah dengan fasilitas turis yang cukup lengkap.













Perjalanan lebih kurang 2 jam dari Denpasar, menuju arah timur bali, tepatnya candi dasa, karang asem. Kendaraan pribadi sangat dianjurkan jika mau mengunjungi pantai ini. Perjalanan dari tempat parker ke bibir pantai ditempuh +- 20 menit dengan medan yang ringan. Disepanjang pantai telah dibangun warung makan . Dengan pasir yang putih dan ombak yang relative besar, menjadikan lokasi ini cocok untuk surfing.


 
 
TIP MENGUNJUNGI HIDDEN BEACH
  • Lokasi tersebut belum dikelola secara professional, fasilitas standard tidak tersedia ( Loket masuk, Parkiran/Transportasi, Makanan/minuman, Sanitasi, penjaga pantai/keselamatan, souvenir )
  • Biasanya masih dikelola penduduk setempat, jalan ala kadarnya, biasanya jalan setapak.
  • Lingkungan masih asri sekali, tidak ada make up dari industry.
  • Pengujungnya relative sepi dan hanya kalangan petualang yg bersedia kesini.
Tips kalau mau mengunjungi hidden beach :
  • Pastikan anda mengetahui arah lokasi yang mau dituju, kemampuan mengunakan google Map adalah sebuah keharusan. Siapkan Battery headphone yang cukup, dan gunakan provider yang kira kira bisa menjangkau sampai kepelosok
  • Gunakan kendaraan pribadi, kerena pastinya kalau pake kendaraan umum biasanya repot dan sulit sekali mendapatkannya.
  • Bawa makanan dan minuman sendiri ( jangan buang bungkusnya sembarangan, bawa kembali !!!!)
  • Ada baiknya bawa sedikit peralatan P3K, dan jas hujan krn tidak bisa berteduh kecuali dibawah pohon, bawa tiker juga boleh
  • Bawa juga kamera jangan lupa,,, percaya dech biasanya alamnya SANGAT INDAH !!!!
  • Jangan lupa cek jadwal pasang surut dan perkiraan cuaca sebelum mengunjungi hidden beach
  • Untuk pakaian terserah...seberaninya aja.. karena disana sepi biasanya ,,, jadi anda bebas,, yg penting menghargai budaya local.
  • Pastikan Anda memiliki provider HP yang sinyalnya cukup kuat menjangkau daerah terpencil,, jika terjadi sesuatu sangat menlong anda mencari bantuan.














 






 


 
 
PERINGATAN !!! Jika anda memiliki masalah/keterbatasan dalam kesehatan ( gangguan jantung/asma/pernafasan lainnya , masalah persendian dan lutut atau keterbatasan gerak) , saya sarankan untuk tidak mengunjungi lokasi.