Translate

Kuningan, Jawa Barat - hari ke tiga

Dalam perjalanan liburan akhir tahun ke Kuningan, kami  meluangkan waktu 3 hari untuk menjelajah kuningan dan sekitarnya. Hari ini adalah hari ke 3, rencannya sore ini akan turun ke Cirebon, tapi kami akan selesaikan dulu petualangan di Kuningan.

Pukul 06:00, seperti biasa kita bangun pagi, kali ini sy mau mengajak anak2 melakukan wisata keliling desa sangkanurip, sekaligus olah raga. Kami mengambil jalur jalan setapak yang ada didekat tempat hotel kami menginap. Memang tidak ada petunjuk khusus , kami coba saja menjelajah. Dan ternyata banyak hal menarik untuk dilihat dan dinikmati, selain udara yang segar.

Perkebunana ubi jalar

Pukul 07:30, kami kembali kehotel rencannya mau makan pagi sekalian berenang. Pagi tiu cuaca cukup cerah. dari 3 hari perjalanan baru kali ini bisa melihat gunung cermai dengan jelas.

Pukul 09:30, Setelah checkout, kami putuskan untuk kembali menjelajah kota kuningan sebelum melanjutkan perjalanan ke Cirebon. Ditengah perjalanan kami menemukan kedai tahu lamping,, nach ini musti dicoba. Soal rasa, enaklah pastinya.. dan ngak bias dibandingkan dengan jenis tahu daerah lain. Namanya juga makanan khas,, ya khasnya tahu lamping yang model kayak gini. Pokoknya enak dimakan. Kami membeli 20 ribu, ternyata banyak banget dapetnya.

Pukul 10:00 Sambil makan tahun lamping kami lanjutkan perjalanan. Kali ini kami mengunjungi spot utama kota kuningan, yaitu cibulan. Pemandian cibulan cukup unik karena ini merupakan pemandian umum dimana kolamnya terdapat ikan yg besar besar. Konon pada hari tertentu ikan tersebut akan hilang. Dan disebut sebagai titisan pasukan pengawal prabu siliwangi. Potensi wisatanya cukup besar dan menarik, sayang tidak digarap dengan maksimal oleh pemda setempat. Kebersihan dan keteraturan lokasi wisata masih perlu ditingkatkan untuk menarik wisatawan.

Pukul 11:30,, ehm waktunya makan siang nech..Berdasarkan info para blogger lainnya.. dikuningan ini ada nasi kasreng, cari punya nyari, susah juga ternyata alamatnya. Ternyata berkat Tanya kiri kanan akhinya kita diberi petunjuk , bawa nasi itu ada diluar kota, tepatnya di sisi timur +- 30 menit perjalanan dari kota kuningan. Kalau masuk kota kuningan dari arah Cirebon kita akan menemukan jalan siliwangi, ikuti jalan sampai ujung, akan menermukan persimpangan besar, kita belok kanan ambil arah jln Sudirman, lurus aja ikuti jalan itu menuju jalur kuningan luragung, nanti setelah melewati jemabatan utama kita akan menemukan disisi kanan rumah makan nasi kasreng. Untuk lokasi persinya Klik Disini.  Nasi Kasreng sendiri mirip nasi ampera atau kucing. Cuma sensasinya makanya bener2 ditengah sawah yang masih perawan, alias alami banget. Rasanya juga enak lumayan dan murah banget. Sayurannya seger. Cara makannya sama kayak all you can eat, tapi anda musti inget yg dimakan apaan, krn mereka menghitunng berdasarkan jenis masakan, bukan jumlah yg diambil.

Pukul 14:00, Setelah puas makan dan menikmati pemandangan,  kami putuskan segera turun kecirebon. Perjalanan kira2 ditempuh 1,5 jam perjalanan. Ditengah jalan kami mampir untuk menikmati buah durian yang sedang musim didaerah itu.

Pukul 15:30, sebelum memasuki kota Cirebon ada satu spot yg enak juga untuk dikunjungi, dari sini kita bias melihat seluruh kota Cirebon dari ketinggian. Kita mampir direstoran Kelapa Manis. Kita makan cemilan disana. View bagus, tapi sayang kondisinya berkabut, jadi ngak terlalu bagus buat foto.

Pukul 16:30, Restoran Kelapa Manis mengakhiri perjalanan kami di Kuningan. Secara umum kuningan adalah kota yang cukup indah dan menarik untuk dikunjungi. Seharusnya memiliki potensi wisata yang dapat digarap secara Internasional. Kota yang tidak kalah menarik dengan Bogor atau Bandung, Hanya berjarak 2,5 jam perjalanan dari Jakarta, kuningan adalah pilihan yang bagus untuk berlibur tanpa harus mengalami macet berjam2. Selamat menikmati kota kuningan.